Guru pun Jadi Korban Cyberbullying Facebook

Go down

Guru pun Jadi Korban Cyberbullying Facebook

Post  Tajau Katagihan on Thu Apr 01, 2010 6:40 am

Penyalahgunaan situs jejaring sosial telah memakan banyak korban, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan berbagai kalangan. Bahkan guru pun kena dikerjai murid-muridnya melalui Facebook.

Satu dari tujuh staf pengajar menyebutkan mereka menjadi sasaran cyberbullying yang dilancarkan oleh rekan atau murid-murid mereka. Seorang anggota Association of Teachers and Lecturers (ATL) menyebutkan bagaimana para pelaku cyberbullying membuat akun palsu dengan menggunakan nama korban dan membuat keterangan profil yang menggambarkan si korban merupakan pedofilia.

Dilansir Telegraph, Kamis (1/5/2010), seorang guru senior di sekolah menengah negeri juga mengungkapkan bahwa dirinya telah menjadi korban. "Akun Facebook saya dihack oleh murid saya untuk digunakan mengirim pesan bohong kepada murid lain," ujarnya.

Pada konferensi tahunan ATL di Manchester, para aktivis organisasi ini menangani dengan serius kasus 'cyberbullying' yang dilakukan murid-murid kepada gurunya atau ke sesama temannya.

Sebuah survei menyebutkan, sekira 14 persen guru mengaku pernah emnjadi korban cyberbullying. Persentase ini tak hanya mencakup kasus cyberbullying di situs jejaring sosial, tapi termasuk juga video atau film yang diposting di situs berbagai video YouTube.

"Terdapat banyak insiden cyberbullying yang terkuak dalam survei ini, yang membuat korban sangat terganggu," kata Sekretaris Umum ATL Mary Bousted.

Menurut Mary, sekolah dan kampus perlu menjerbihkan kebijakan terkait hal ini dan meyakinkan agar para murid menerima hukuman yang sesuai atas perbuatannya.

Studi ini juga menemukan bahwa kepala sekolah kerap memperingatkan stafnya untuk tidak memposting foto atau detail informasi mencurigakan terkait kehidupan pribadi mereka, dan hampir seperempat guru menyebutkan bahwa mereka diminta menghilangkan informasi detail pada profil akun jejaring sosial mereka.
avatar
Tajau Katagihan
Ketua Tertinggi
Ketua Tertinggi

Jumlah posting : 104
Points : 10031783
Join date : 04.03.10
Age : 23
Lokasi : tanjung

Lihat profil user http://forumdiskusibebas.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik