Intel Kuasai Pasar Chip, Samsung mengancam

Go down

Intel Kuasai Pasar Chip, Samsung mengancam

Post  Tajau Katagihan on Mon Mar 29, 2010 2:13 am


Intel tetap menjadi perusahaan chip dengan pendapatan yang paling besar selama 18 tahun berturut-turut hingga tahun 2009, walaupun menurut laporan Gartner, telah terjadi penurunan pasar chip global secara keseluruhan.

Selama tahun 2009 lalu, dari data yang dikeluarkan Gartner, Intel menguasai pasar sebanyak 14,6 persen, naik dari tahun 2008 yang hanya sebesar 13,6 persen. Kenaikan ini dipicu dari masih kuatnya penjualan PC di berbagai negara, khususnya di negara berkembang yang tidak terpengaruh imbas krisis ekonomi yang menghempas pada awal tahun 2009.

Kendati Intel sebagai pemasok chip paling besar, namun penjualan chip secara global telah terjadi penurunan di tahun 2009 sebesar 10,5 persen dengan total penjualan sebesar USD228.4 miliar, atau turun sebesar USD28.6 miliar dalam kurun waktu setahun.

Jika perusahaan lain selain Intel terus tergerus dari sisi pendapatannya, maka tidak dengan produsen asal Korea Selatan, Samsung Electronics. Karena, hanya Samsung yang mencatatkan pendapatan yang bagus dalam buku kas keuangan mereka. Mereka mempertahankan tempat kedua, dengan pendapatan sebesar USD17.7 miliar, atau naik dari USD17.4 miliar. Dengan pendapatan tersebut, Samsung sukses merangkul market share pasar chip sebesar 7,7 persen.

Dilansir dari PC World, Senin (29/3/2010), daftar peringkat lima teratas pembuat chip menurut Gartner tetap sama seperti tahun lalu, yaitu Intel, Samsung, Toshiba, Texas Instruments dan STMicroelectronics. Sementara Qualcomm melompat ke tempat keenam pada 2009 dari posisi delapan tahun sebelumnya.

Advanced Micro Devices (AMD) adalah satu-satunya perusahaan baru yang masuk di daftar sepuluh teratas dengan mengambil tempat di posisi kesembilan, sedangkan perusahaan Renesas Technology berakhir di tempat kedelapan.
avatar
Tajau Katagihan
Ketua Tertinggi
Ketua Tertinggi

Jumlah posting : 104
Points : 10031173
Join date : 04.03.10
Age : 23
Lokasi : tanjung

Lihat profil user http://forumdiskusibebas.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik