Analis: Microsoft Tergesa Gelontorkan WinMo 7

Go down

Analis: Microsoft Tergesa Gelontorkan WinMo 7

Post  Tajau Katagihan on Sat Mar 27, 2010 7:03 am

Sebagai sistem operasi smartphone terbaru dari Microsoft, Windows Phone 7 memendam dua kelemahan. Sebab, Windows Phone 7 tidak mendukung fungsi clipboard dan tidak mampu menjalankan aplikasi lama.

Produsen software terbesar dunia Microsoft Corp berupaya mengejar ketertinggalan di industri sistem operasi smartphone dengan membangun sistem operasi baru bernama Windows Phone 7, yang menggantikan sistem operasi lama, Windows Mobile 6.5. Dibandingkan Windows Mobile 6.5,Windows Phone 7 menjanjikan perbedaan signifikan karena GUI (graphical user interface) Windows Phone 7 dirancang lebih ramah sentuhan jemari, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan stylus, seperti ketika menggunakan Windows Mobile 6.5.

"Di pasar yang sangat sesak oleh smartphone yang berpenampilan mirip dan berfungsi sama, saya menantang tim Microsoft untuk menyajikan pengalaman seluler yang berbeda," ujar Chief Executive Officer Microsoft Corp Steve Ballmer.

Namun di balik kemajuan yang dijanjikan Windows Phone 7, sistem operasi yang tersedia mulai akhir 2010 tersebut ternyata memendam sejumlah kemunduran. Sebab, pengguna Windows Phone 7 tidak akan lagi mampu mengakses fitur yang sudah disajikan Windows Mobile 6.5. Windows Phone 7, antara lain, tidak akan mendukung fungsi cutcopy-paste. Padahal, fungsi clipboard tersebut selama ini menjadi kekuatan utama Windows Mobile 6.5, serta sistem-sistem operasi Windows Mobile sebelumnya.

Kelemahan tersebut pertama kali dilaporkan penulis Engadget Chris Ziegler. Microsoft pun kemudian mengakui, Windows Phone 7 tidak akan mendukung fungsi cutcopy- paste. Alasannya, Microsoft mengungkapkan, pengguna Windows Phone 7 tidak akan membutuhkan fungsi-fungsi clipboard tersebut.

"Penghapusan fungsi cut-copypaste pada Windows Phone 7 adalah sebuah ironi. Sebab, fungsi cutcopy-paste merupakan salah satu fitur favorit pada Windows Mobile sejak awal kehadiran sistem operasi itu (pada 2003)," papar Ziegler.

Dengan menghapus fungsi cutcopy-paste, tampak jelas bahwa Microsoft terjebak mengekor Apple Inc dalam membangun sistem operasi smartphone.

Ketika Apple merilis iPhone generasi pertama, smartphone eksotis itu memang tidak mendukung fungsi cutcopy-paste. Secara tersirat, Microsoft pun mengakui bahwa Windows Phone 7 dibangun berbasis inspirasi iPhone.

"iPhone membuka mata kami terhadap hal-hal yang perlu dilakukan, yang selama ini tidak ada dalam rencana kami," ujar Vice President Windows Phone Engineering Microsoft Corp Terry Myerson kepada The New York Times. Namun demikian, banyak pengguna iPhone mengeluhkan ketiadaan fungsi cut-copy-paste.

Alhasil, pada 2009 Apple merilis update dan kemudian iPhone pun mampu menyajikan fungsi cutcopy- paste.Apakah Microsoft akan menempuh langkah serupa? Tunggu jawabannya ketika Windows Phone 7 sudah tersedia. Kelemahan lain yang berisiko besar memangkas daya saing Windows Phone 7 adalah sistem operasi baru itu tidak mendukung aplikasi pihak ketiga yang dibangun untuk Windows Mobile 6.5 dan sistem operasi yang lebih tua. Padahal, dukungan aplikasi pihak ketiga adalah kunci sukses sebuah sistem operasi, atau bahkan handset, smartphone.

Diketahui, tiga pemain terbesar di industri smartphone global, yaitu Nokia Corp, Research In Motion (RIM) Ltd, dan Apple, berlomba mendorong pengembang software membangun aplikasi untuk smartphone masing-masing. Aplikasi-aplikasi itu kemudian didistribusikan di toko-toko online milik masing-masing produsen smartphone, antara lain Ovi Store dari Nokia App World milik RIM, dan App Store milik Apple.Karena tidak mendukung aplikasi lama, Windows Phone 7 pun diperkirakan akan semakin inferior di depan Android, sistem operasi dari Google Inc.

Sebagai pendatang terbaru di pasar sistem operasi smartphone, Android mendapatkan dukungan toko aplikasi online Android Market, yang saat ini sudah menawarkan lebih dari 30.000 jenis aplikasi pendukung Android. Karena Windows Phone 7 tidak mendukung aplikasi lama, sistem operasi baru itu tidak hanya akan menyulitkan pengguna, terutama mereka yang bermigrasi dari Windows Mobile ke Windows Phone, tetapi juga para pengembang software. Saat ini para pengembang software pendukung platform Microsoft menghadapi dua pilihan sulit.

Pertama,mereka dapat terus membangun aplikasi, yang hanya mendukung Windows Mobile 6.5, yang segera mati karena digantikan Windows Phone 7. Atau kedua, mereka bisa libur dulu hingga akhir 2010 dan kembali bekerja setelah Windows Phone 7 tersedia.Pilihan mana pun yang diambil, para pengembang software tetap rugi karena saat ini mereka harus memanfaatkan optimal momentum pertumbuhan penjualan aplikasi smartphone. Firma riset Gartner Inc mengungkapkan, lonjakan permintaan smartphonedi dunia mendongkrak permintaan aplikasi-aplikasi pendukung smartphone yang dijual melalui toko-toko online.

Gartner memperkirakan, para pengguna smartphone di dunia akan mengunduh lebih dari 4,5 miliar aplikasi pada 2010.

"Pada tahun ini akan terdapat lebih banyak pengguna smartphone yang bereksperimen mengunduh aplikasi dari toko-toko online. Karena itu, tidak mengherankan bahwa toko-toko online yang menjual aplikasi smartphone akan meraih pendapatan lebih besar tahun ini," ujar Research Director Gartner Inc Stephanie Baghdassarian. Gartner menjelaskan, dari sekitar 4,5 miliar aplikasi yang diunduh para pengguna smartphone di dunia tahun ini, sekitar delapan per sepuluh di antaranya aplikasi gratis.

Kendati sebagian besar aplikasi yang diunduh adalah aplikasi gratis, uang tetap akan mengalir kepada para pemilik toko dan pembuat aplikasi. Gartner menegaskan, aplikasi gratis sesungguhnya tidak diberikan secara gratis kepada pengguna. Pembuat aplikasi itu memperoleh pendapatan dari iklan yang disisipkan dalam aplikasi, atau dari layanan berbayar yang mendukung aplikasi tersebut.
avatar
Tajau Katagihan
Ketua Tertinggi
Ketua Tertinggi

Jumlah posting : 104
Points : 10030643
Join date : 04.03.10
Age : 23
Lokasi : tanjung

Lihat profil user http://forumdiskusibebas.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik